Home > Celoteh Hati > Setelah Berhari-hari browsing..

Setelah Berhari-hari browsing..

Setelah berhari-hari browsing untuk mengumpulkan beragam blog yang menarik dan unik buatan orangIndonesia, secara tidak sengaja saya menemukan blog: http://dapurbunda.blogspot.com/. Nah, kata dapur langsung saya asosiasikan dengan makanan. Ternyata tebakan saya benar. Blog ini memang berisi beragam resep makanan. Menarik juga, demikian pikir saya saat itu. Dan kebetulan saya emang doyan makan. Jadi asik juga membaca blog buatan seorang ibu muda cantik asli Sunda ini. Inong, demikian wanita ini menyebut dirinya. Namun teman-teman Blogger-nya menyapa dengan panggilan Bunda. Entah kenapa dia disapa demikian. Mungkin karena Inong memang bunda dari dua anak lelaki yang lucu. Istri seorang suami yang beruntung. Dan memiliki kegemaran yang didentikan dengan kegiatan seorang istri. Memasak.

Selama tiga hari saya bolak-balik mengunjungi blog bunda ini. Hanya untuk membaca resep makanannya. Dan meng-copy pastenya untuk diberikan ke ibu saya di kampung halaman. Soalnya penasaran banget melihat foto-fotonya. Tampak begitu menggiurkan.Hem..yummy. Beberapa resep yang kemudian kita coba buat adalah Sate Ayam Madura dan Brownies Kukus Blueberry Keju. hmm… nyam nyam.. P

Nah, dari situlah saya merasa timbul kekaguman dengan wanita yang biasa dipanggil Bunda ini. Entah kenapa, kok rasanya telah ada ikatan batin. Saya tidak tahu kenapa muncul perasaan itu. Mungkin karena saya termasuk orang yang sentimentil dan gampang jatuh hati pada sesuatu yang saya kagumi. Penyakit turun temurun dari keluarga.

Nah, pada hari ketiga saya berusaha mencari tahu lebih jauh profil. Saya coba telusuri setiap link yang ada di blog-nya. Sampai saya tahu juga bahwa si Bunda ternyata doyan nulis puisi. Semuanya ada di blog: http://puisi-inong.blogspot.com/. Saya langsung berfikir , betapa luar biasa wanita satu ini. Cantik, pintar dan baik hati. Dan ketika sedang memperhatikan desain blognya yang juga sangat menarik , tiba-tiba mata saya terpaku pada shout box. Isinya komentar-komentar blogger lainnya terhadap isi blog puisi Bunda.
Pertama-tama saya hanya melihat tulisan yang berisi kekaguman. Kemudian, secara perlahan saya tarik kursor mouse kebawah. Lah, kok tiba-tiba ada tulisan: Dear bunda..aku tau bunda stlh bunda berpulang pada-nya. Semoga bunda bahagia disisi-Nya.Doa kami u/mu,terima kasih u/ semua yg sudah bunda buat, menjadi inspirasi bagiku.

Saya berfikir ada apa ya.

Saya turunkan lagi kursor ke bawah. Wah, kok banyak ucapan berduka cita. Bulu kuduk saya mulai merinding. Akhirnya, saya klik salah satu link blogger yang memberi komentar itu. Dari kisah yang diceritakan di blog: http://larilarikecil.blogspot.com/2006/09/goodbye.html, saya jadi benar-benar tahu kalau bunda telah meninggal dunia. Masya Allah.

Bulu kuduk saya benar-benar merinding. Tiba-tiba saja, di dada muncul suatu perasaan haru yang begitu meluap. Dan tanpa terasa air mata saya menetes kebawah. Ah, dasar pria sentimentil. Maaf, seperti yang telah saya jelaskan, ini sudah turunan keluarga.

Setelah itu saya langsung googling,
dengan mengetik kata kunci: inong meninggal dunia, baru disitu terlihat jelas betapa terkenalnya sang Bunda ini di kalangan blogger indonesia.Sebagai blogger pemula dan amatiran saya merasa telat mengenal sang Bunda. Sangat terlambat. Wanita yang secara virtual telah menarik hati saya ini telah pulang ke tempat segala muasal manusia pada tanggal 1
September 2006. Berarti lebih dari 2 tahun yang lalu. Menurut catatan blog di: http://planet.indra.sg.or , pada tanggal 30 Agustus 2006 jam 16.30 waktu Singapura.

Inong
mengalami kesulitan bernafas sewaktu asma-nya kambuh, katanya hampir 30 menit sulit bernafas hingga kekurangan oksigen. Akhirnya pingsan dan koma karena minimnya oksigen yang masuk ke otak. Setelah berjuang di rumah sakit National University Hospital.

Wanita ini ternyata tak mampu bertahan lama. Sekitar jam 07.00 tanggal 1 September 2006, Bunda dipanggil Yang Maha Kuasa. Semoga kamu berbahagia di alam sana. Memasak makanan yang luar biasa dengan malaikat dan para orang shaleh. Demikian hati saya berbisik.

Dari seputar komentar tentang Inong, saya tahu ternyata banyak pengagum wanita ini yang belum pernah bertemu secara fisik. Tapi, mereka merasakan ikatan emosional dengan Inong. Sehingga saat Si Bunda meninggal dunia banyak dari mereka yang menitikan air mata. Tak hanya itu, mereka juga banyak yang melakukan dzikir yang khusus dipersembahkan untuk sang Bunda. Padahal, sekali lagi, mereka sama sekali tak kenal Inong. Mereka hanya pembaca setia blog Inong. Seperti saya.

Ah,
luar biasa memang kekuatan blog ini. Seorang teman saya yang sudah
menjadi blogger sejati mengatakan; blog ternyata dapat menyatukan hati
dan pikiran manusia menjadi sebuah ikatan yang cukup kuat. Ikatan yang
tidak terbatas ruang dan waktu.

Tak heran bila banyak pengamat yang mengatakan bahwa pengguna blog di dunia
akan terus bertambah. Blogger-blogger ini akan menjadui kekuatan
alternatif bagi dunia yang saat ini telah banyak didominasi oleh mereka
yang memiliki kekuasaan dan uang. Kekuatan alternatif akan terus
menyuarakan semangat kebebasan, kasih sayang, ketulusan dan saling
berbagi. Saya percaya itu. Selamat datang di dunia Blog!

Categories: Celoteh Hati Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: